Renovasi Rampung, Wisata Religi Kubah Pagatan Segera Diresmikan Bupati Tanbu

- Redaksi

Rabu, 20 Maret 2024 - 17:56 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tanah Bumbu, KalimantanView.com, ADVETORIAL KHUSUS – Keseriusan mewujudkan Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terus berbenah dengan merampungkan sejumlah renovasi destinasi wisata religi.

Misalnya saja, destinasi wisata religi Kubah Pagatan di Kelurahan Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Kubah ini adalah makam
Mufti Syeikh H Muhammad Arsyad Bin Mufti Syeikh Muhammad As’ad Al Banjari.

Kini renovasi kubah pagatan ini telah rampung dan bakal diresmikan usai Lebaran Idul Fitri. Yang diketahui renovasi bangunan kubah pagatan telah dilaksanakan di tahun jamak 2022 – 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Pemkab Tanah Bumbu, H Syamsuddin mengatakan saat ini renovasi kawasan Kubah Pagatan sudah selesai dan sudah dibuka.

” Renovasi sudah selesai, dan rencananya akan diresmikan Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar usai lebaran nanti,” ungkap Syamsuddin.

Tujuan dari renovasi, terang dia, agar jamaah yang melakukan ziarah ke Kubah Pagatan akan merasa nyaman dan tidak kesempitan lagi.

Jika semua fasilitas penunjang tersedia dan pengunjung yang datang merasa nyaman tentu akan menambah khusuk dalam berziarah dan ini lah yang sudah diwujudkan.

Di destinasi wisata religi Kubah Pagatan, terdapat makam ulama besar yaitu Mufti Syeikh H Muhammad Arsyad Bin Mufti Syeikh Muhammad As’ad Al Banjari.

“ Beliau merupakan zuriat dari Waliyullah Syeikh Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan Kabupaten Banjar,” ugkapnya.

Baca Juga :  Bupati Tanbu Buka Kick Off Meeting RPJMD 2025-2045

Mufti Syeikh H Muhammad Arsyad Bin Syeikh Muhammad As’ad dikenal memiliki pengetahuan dan wawasan serta ilmu yang tinggi dalam agama Islam atau seorang yang alim.

“Beliau adalah seorang mulia yang sangat berjasa terhadap ummat Islam di Kabupaten Tanah Bumbu dan umumnya Kalimantan Selatan pada zaman kerajaan pagatan dan kusan,” sambung dia.

Dalam renovasi destinasi wisata religi Kawasan Kubah Pagatan, Pemkab Tanah Bumbu menghabiskan anggaran sebesar Rp 7,5 Miliyar dari APBD kabupaten.

“ Destinasi wisata religi ini memang perlu dirawat, karena paling banyak didatangi peziarah, baik dari peziarah lokal maupun peziarah yang berasal dari luar kabupaten dan luar pulau. Terlebih lagi saat acara haul, dipenuhi banyak jamaah,” bebernya.

Diharapkan H Syamsuddin, setelah renovasi, jumlah kunjungan peziarah ke destinasi wisata religi kawasan Kubah Pagatan akan mengalami kenaikan yang signifikan

“Sebelumnya, selama pekerjaan area ini ditutup untuk umum, namun masih banyak peziarah yang datang meski hanya bisa berdoa dari luar pagar. Tetapi sekarang ini, masyarakat sudah boleh masuk area kubah,” kata dia.

Ini, sambung dia, membuktikan bahwa antusias masyarakat dalam berziarah ke Kubah Pagatan sangat tinggi. “Ini membuktikan bahwa warga Kabupaten Tanah Bumbu berkarakter religius dan sangat cocok dengan tujuan Bupati Abah Zairullah dalam mewujudkan Serambi Madinah,” bangga dia.

Baca Juga :  BPBD Tanbu Bekali Mitigasi Karyawan KPP Pratama

Inspirasi Masjid Madinah

Bangunan Kubah Pagatan saat ini berubah 100 persen dan jauh lebih mewah dan punya tampilan yang sangat keren.

Tampilannya mirip dengan Masjid di Madinah. Terlihat dari bentuk dan ornamennya yang begitu ketimuran masjid di Madinah.

Semua kubahnya telah berubah dan hanya ada satu menara yang tinggi setelah direnovasi.

Ruangan makamnya telah diperbesar dan ruangannya kini telah dilengkapi dengan AC dan dikelilingi kaca yang kini susananya tertata rapi.

” Alhamdulillah kini sudah selesai. Tinggal menunggu peresmian saja dan bangunan ini terinsiprasi dari Masjid di Madinah sesuai denga mott Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu, H Syamsuddin, Rabu (20/3/2024).

Namun renovasi bangunan ini tidak memyentuh nisan dari makam Syekh Mufti karena hanya kubah dan bangunan lainnya yang direnovasi.

Setelah selesai renovasi, tambah dia, destinasi wisata religi Kubah Pagatan ini juga dibuat terintegrasi dengan objek wisata alam Pantai Pagatan yang merupakan ikon Kabupaten Tanah Bumbu.

“Jadi selain berziarah, pengunjung akan langsung bisa menikmati angin pantaui dan berwisata ke pantai pagatan,” tambah dia.

Program renovasi kawasan Kubah Pagatan ini adalah salah satu langkah konkrit dalam mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah.

Berita Terkait

Pemkab Tanah Bumbu Serahkan Bantuan Logistik ke Korban Kebakaran
Kecamatan Simpangempat, Safari Ramadan Terakhir Bupati Tanah Bumbu
Khatam Al-quran, Santri di Tanbu Diganjar Reward SDSM
Segera Daftar! Lowongan 2.803 Formasi CPNS dan PPPK di Pemkab Tanah Bumbu
Potong Tumpeng, Bupati Tanah Bumbu Rayakan Milad ke 70 Tahun
Top! Satpol PP Tanbu Sabet Juara 3 Tournamen Mini Soccer Ramadan Cup
Peringati Nuzulul Quran, Pemkab Tanbu Serukan Aksi Cuci Kaki Ibu
Bulan Ramadan, Satpol PP Tanbu Tertibkan Tempat Hiburan Malam

Berita Terkait

Kamis, 4 April 2024 - 18:02 WITA

Pemkab Tanah Bumbu Serahkan Bantuan Logistik ke Korban Kebakaran

Kamis, 4 April 2024 - 12:22 WITA

Kecamatan Simpangempat, Safari Ramadan Terakhir Bupati Tanah Bumbu

Kamis, 4 April 2024 - 10:33 WITA

Khatam Al-quran, Santri di Tanbu Diganjar Reward SDSM

Rabu, 3 April 2024 - 16:07 WITA

Segera Daftar! Lowongan 2.803 Formasi CPNS dan PPPK di Pemkab Tanah Bumbu

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:56 WITA

Top! Satpol PP Tanbu Sabet Juara 3 Tournamen Mini Soccer Ramadan Cup

Kamis, 28 Maret 2024 - 10:59 WITA

Peringati Nuzulul Quran, Pemkab Tanbu Serukan Aksi Cuci Kaki Ibu

Kamis, 28 Maret 2024 - 09:07 WITA

Bulan Ramadan, Satpol PP Tanbu Tertibkan Tempat Hiburan Malam

Rabu, 27 Maret 2024 - 16:02 WITA

Sah! Zairullah Kukuhkan Pengurus FKUB Masa Bakti 2024-2029

Berita Terbaru

Advetorial

Pemkab Tanah Bumbu Serahkan Bantuan Logistik ke Korban Kebakaran

Kamis, 4 Apr 2024 - 18:02 WITA

Advetorial

Khatam Al-quran, Santri di Tanbu Diganjar Reward SDSM

Kamis, 4 Apr 2024 - 10:33 WITA